Menghitung Total dan Harga Barang

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Java sebagai salah satu bahasa pemograman baru, menjanjikan banyak
kemudahan bagi para programer. Masyarakat telah banyak menggunakan aplikasi java ini
dalam bidang teknologi, terutama dalam bidang IT.
Java adalah bahasa pemograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun
Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip
dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan
platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan
arsitektur komputer. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga
dirancang agar aman dan portabel. Bahasa Java sendiri memiliki library yang cukup besar
yang dapat mempermudah Anda dalam membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Library
ini sudah mencakup untuk grafik, desain user interface, kriptografi, jaringan, suara,
database, dan lain-lain.
Dewasa kini aplikasi pemrograman yang berkembang untuk membantu berbagai
pekerjaan manusia terutama yang berbasic visual. Dan seperti dalam hal ini adalah
Application Programming Interface (API).
API adalah kumpulan dari pustaka class atau komponen atau library, yang sudah
disediakan oleh Sistem Operasi, yang berupa kumpulan perintah yang membentuk sebuah
komponen, sehingga akan membantu para programmer dalam membangun sebuah
aplikasi.
B. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari penulisan laporan ini ialah:
1. Untuk lebih menambah wawasan penulis tentang aplikasi Java.
2. Agar penulis bisa mempelajari dan mendalami tentang aplikasi Java dan komponen-komponen di dalamnya.
3. Untuk mengasah kemampuan penulis dalam bidang aplikasi Java.
C. Batasan masalah
Berdasarkan uraian yang diatas, sehubungan dengan aplikasi kubus berbasis java, penulis
mencoba merumuskan pokok permasalahan secara umum yaitu:
1. Bagaimana cara menghitung proses transaksi penjualan?
2. Bagaimana isi dari tombol Button Reset?
3. Bagaimana isi dari tombol Button Finish?
4. Bagaimana cara menghubungkan Java Class Jual dengan Jframe Form Transaksi?
5. Bagaimana script dari Java Class Jual dan Java Class Barang?
D. Sistematika Penulisan Laporan
Laporan tugas ini dibuat dengan sistem penulisan sebagai berikut :
1. BAB I PENDAHULUAN, berisi permasalahan dari modul ini.
2. BAB II LANDASAN TEORI,berisi teori-teori yang akan dipergunakan dalam membuat
aplikasi pada modul ini.
3. BAB II ANALISA, berisi kebutuhan dalam membangun aplikasi yang terdapat dalam
laporan ini seperti perangkat keras, perangkat lunak serta perangkat lainnya.
4. BAB IV IMPLEMENTASI, yang berupa hasil dari percobaan, berupa tabel nama class,
nama file atau method, juga capture dari hasil percobaan
BAB II LANDASAN TEORI
Application Programming Interface (API) adalah kumpulan dari pustaka class atau
komponen atau library, yang sudah disediakan oleh Sistem Operasi, yang berupa kumpulan
perintah yang membentuk sebuah komonen, sehingga akan membantu para programmer dalam
membangun sebuah aplikasi.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
 Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam
sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call
berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja
berbeda.
 Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah
dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan
pengembangan.
Cara memaki API secara umum adalah :
Dilakukan dengan mengimpor package/kelas import java.util.Stack;
Ada beberapa kelas bernama sama dipackage yang berbeda, yaitu :
– import salah satu dan gunakan nama lengkap untuk yang lain, atau
– gunakan nama lengkap semua kelas
Ada tiga jenis bahas pemogramman Java Application Programming Interface(API):
Inti resmi Java API, yang terdapat dalam JDK atau JRE, dari salah satu edisi dari Java Platform.
Tiga edisi dari Java Platform adalah Java ME(Micro Edition), Java SE(Standar Edition), Java
EE(Enterprise Edition). Resmi opsional API yang dapat didownload secara terpisah. Spesifikasi
API ini didefinisikan sesui dengan Spesifikasi Jawa Request(SJR), dan kadang-kandang
beberapa API ini kemudian dimasukkan dalam API inti dari Platform(contoh yang paling dikenal
saat ini adalah swing)
API tidak resmi, yang dikembangkan oleh pihak ketiga, tetapi tidak berkaitan dengan JSRs apapun.
Dalam Studi kasus yang dilakukan adapun aplikasi yang digunakan dalam membangun
aplikasi percobaan dalam modul ini adalah NetBeans IDE 7.0.1. dengan penggunaan beberapa
class di dalamnya, antara lain :
Class Jframe
Merupakan class yang membentuk sebuah Frame (Form)
Merupakan class yang membentuksebuah frame (form).
a. defaultCloseOperation:
memfungsikan tombol2 yang bisadigunakanuntukkeluardari frame in
(menutup frame ini).
b. title:
men-set caption (title bar) dengansebuah string.
c. alwaysOnTop:
menjadikan frame iniselaluaktifdimukajendela lain.
d. background:
mengubahwarnabelakang frame.
e. bounds:
mengaturposisikiriatas (x,y) sertalebardantinggidari frame ini.
f. cursor:
mengubahbentukkursor (mouse) padasaatberada di frame ini.
g. name:
mengubahnama frame.
h.resizeble:
Class JLabel
Class inidipergunakanuntukmenambahkansuatu String padaJFrame,
dipergunakanuntukketeranganatau label sebuahkomponen.
Beberapa properties pada class inisamadengan class JFrame, tetapiadabeberapa yang berbeda.
a. background:
mengubahwarnabelakang.
b. displayedMnemonic:
men-setsebuahkaraktermenjadi hot-key (alt-karakter) padasaatmenggunakan keyboard.
c. font:
menggunakan font tertentu.
d. icon:
mengubahbentukkursor (mouse) padasaatberadapada class ini.
e. labelFor:
padasaatmenggunakan hot key, memindahkankursorkesebuahkomponentertentu.
f. tooltiptext:
menampilkan string bantuan (hint) padasaat pointer beradapadakomonenini.
g. verticalAlignment:
posisi string secaravertikalterhadaptinggi (height) class ini.
h. border:
menggunakan border (kotakluar) tertentu.
Class inidipergunakanuntukmenambahkansuatu String padaJFrame, dipergunakan
untukketeranganatau label sebuahkomponen.
Class JtextField
Class ini digunakan untuk memasukkan sebuah data (entri data) dimana datanya akan
(selalu) bertipe String.
Class JButton
Class iniakanmembentuksebuahkomponen button (command button), yang
digunakanuntukmemproses.
a. background:
mengubahwarnabelakang.
b. font:
menggunakan font tertentu.
c. foreground:
warnabelakang class ini.
d. Icon:
Bentuk pointer padasaatberada di komponenini.
e. Mnemonic:
men-setsebuahkaraktermenjadi hot-key (alt-karakter) padasaatmenggunakan keyboard.
f. Text:
Value daripadatombol.
g. tooltiptext:
menampilkan string bantuan (hint) padasaat pointer beradapadakomonenini.
h. border:
menggunakan border (kotakluar) tertentu.
BAB III ANALISIS
Dalam pembuatan aplikasi kalkulator berjava ini, penulis menggunakan beberapa tools
dan hardwere sebagai pendukung dalam pembuatan aplikasi ini. Tools yang digunakan ialah :
Hardware
Tabel2.1SpesifikasiHardwere
Tools
Tabel 2.2 Tools
Banyak sekali software untuk membuat aplikasi ini misalnya C++ ,
notepad,netbeansdll,dalam tugas ini penyusun meggunakan aplikasi memakai software
netbeans.Netbeans mempunyai beberapa fasilitas Tools yang memudahkan pengguna untuk
membuat aplikasi-aplikasi java.Untuk data java ini penyusun menggunakan java aplikasi dan
java frame, di java frame penyusun membuat design seperti yang ditugaskan yaitu membuat
aplikasi perhitungan persegi.Semula setelah membuat design, semua tombol belum bisa
digunakan, tetapi kemudian penyusun membuatkan sebuah coding-coding agar aplikasibisa
dieksekusi sesuai perintah yang diinginkan.
Hardisk 250 GB
RAM 896 MB
PROCESSOR 2,2GHz
VGA 256 MHS
NetBeans IDE 7.0.1
Microsoft Word
Paint
PDF
BAB IV IMPLEMENTASI
 Sebelum di RUN:
Aplikasi diatas yaitu aplikasi sederhana dari Jframe transaksi yang desainnya
menggunakan program NetBean IDE 7.0.1.
Adapun komponen-komponen utama yang terdapat didalamnya adalah:
No Komponen Nama Komponen Fungsi
1 Label dari Text
Field
Merupakan Label atau nama dari Text Field
untuk memudahkan user dalam proses
bertransaksi.
2 Text field berurutan
dari Item Code,
Item Name, Price,
Quantity, Selling
Price dan Total
Sebagai tempat bilangan dimana akan menjadi
tempat proses perhitungan untuk memudahkan
bertransaksi , dan untuk memunculkan kode
barang, nama barang, harga, jumlah barang,
harga jual dan total yang akan di proses dalam
Tetx Field.
3 Buttom Prosess,
Reset dan Finish
Proses mempunyai fungsi untuk memproses
transaksi penjualan yang dimana dengan adanya
tombol ini memudahkan user dalam memproses
transaksi.
Reset mempunyai fungsi untuk mengulangi
proses perhitungan.
Finish mempunyai fungsi untuk mengakhiri
perhitungan.
Hasil dari proses transaksi
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package tugas3;
/**
*
* @author Di
*/
public class JFrame extends javax.swing.JFrame {
/**
* Creates new form JFrame
*/
private Barang bg = new Barang();
private Jual ju = new Jual();
public JFrame() {
initComponents();
}
/**
* This method is called from within the constructor to initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
* regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel3 = new javax.swing.JLabel();
jLabel4 = new javax.swing.JLabel();
jLabel5 = new javax.swing.JLabel();
jButton1 = new javax.swing.JButton();
jButton2 = new javax.swing.JButton();
jButton3 = new javax.swing.JButton();
jTextField1 = new javax.swing.JTextField();
jTextField2 = new javax.swing.JTextField();
jTextField3 = new javax.swing.JTextField();
jTextField4 = new javax.swing.JTextField();
jTextField5 = new javax.swing.JTextField();
setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
jLabel1.setText(“jLabel1”);
jLabel2.setText(“jLabel2”);
jLabel3.setText(“jLabel3”);
jLabel4.setText(“jLabel4”);
jLabel5.setText(“jLabel5”);
jButton1.setText(“Proses”);
jButton1.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton1ActionPerformed(evt);
}
});
jButton2.setText(“Reset”);
jButton2.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton2ActionPerformed(evt);
}
});
jButton3.setText(“Exit”);
jButton3.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton3ActionPerformed(evt);
}
});
jTextField1.setText(“jTextField1”);
jTextField2.setText(“jTextField2”);
jTextField3.setText(“jTextField3”);
jTextField4.setText(“jTextField4”);
jTextField5.setText(“jTextField5″);
javax.swing.GroupLayout layout = new
javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING,
false)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGap(29, 29, 29)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jLabel1)
.addComponent(jLabel2)
.addComponent(jLabel3)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(jLabel5))
.addGap(27, 27, 27)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jTextField5,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jTextField4,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jTextField3,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jTextField2,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jTextField1,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(85, 85, 85))
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGap(19, 19, 19)
.addComponent(jButton1)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jButton2)
.addGap(18, 18, 18)))
.addComponent(jButton3)
.addContainerGap(115, Short.MAX_VALUE))
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGap(24, 24, 24)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel1)
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(jLabel2)
.addGap(27, 27, 27)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE
)
.addComponent(jLabel3)
.addComponent(jTextField3,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(29, 29, 29)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE
)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(jTextField4,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE
)
.addComponent(jLabel5)
.addComponent(jTextField5,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)))
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jTextField1,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(jTextField2,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE,
javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED,
42, Short.MAX_VALUE)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE
)
.addComponent(jButton1)
.addComponent(jButton2)
.addComponent(jButton3))
.addGap(31, 31, 31))
);
pack();
}// </editor-fold>
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
ju.setHarga(Integer.parseInt(JTF_harga.getText()));
ju.setQty(Integer.parseInt(JTF_quantity.getText()));
JTF_total.setText(ju.getTotal()+””);
// TODO add your handling code here:
}
private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
JTF_harga.setText(“”);
JTF_kodebarang.setText(“”);
JTF_quantity.setText(“”);
JTF_namabarang.setText(“”);
JTF_total.setText(“”);
JTF_kodebarang.requestFocus();
// TODO add your handling code here:
}
private void jButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
System.exit(0);
// TODO add your handling code here:
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
/*
* Set the Nimbus look and feel
*/
//<editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=” Look and feel setting code (optional)
“>
/*
* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the
* default look and feel. For details see
* http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
*/
try {
for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info :
javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
if (“Nimbus”.equals(info.getName())) {
javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
break;
}
}
} catch (ClassNotFoundException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(JFrame.class.getName()).log(java.util.logging.Level.
SEVERE, null, ex);
} catch (InstantiationException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(JFrame.class.getName()).log(java.util.logging.Level.
SEVERE, null, ex);
} catch (IllegalAccessException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(JFrame.class.getName()).log(java.util.logging.Level.
SEVERE, null, ex);
} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(JFrame.class.getName()).log(java.util.logging.Level.
SEVERE, null, ex);
}
//</editor-fold>
/*
* Create and display the form
*/
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
new JFrame().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JButton jButton1;
private javax.swing.JButton jButton2;
private javax.swing.JButton jButton3;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel3;
private javax.swing.JLabel jLabel4;
private javax.swing.JLabel jLabel5;
private javax.swing.JTextField jTextField1;
private javax.swing.JTextField jTextField2;
private javax.swing.JTextField jTextField3;
private javax.swing.JTextField jTextField4;
private javax.swing.JTextField jTextField5;
// End of variables declaration
}

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s